Kamis, 17 Maret 2011

KHASIAT DAUN SINGKONG

Siapa tak kenal dengan daun singkong ? Sayuran ini banyak dikonsumsi masyarakat sebagai sayuran ataupun lalapan teman nasi yang gurih dan enak. Jenis sayuran ini memang dikenal memiliki rasa dari daun yang agak tebal. Namun justru dari rasa khasnya inilah banyak khasiat daun singkong yang sangat bermanfaat untuk kesehatan.
Selain daun, yang biasa dimanfaatkan dari tanaman singkong (manihot utilissima) adalah umbinya. Ubi singkong merupakan jenis makanan umbi-umbian yang setara dan dapat dimakan sebagai pengganti nasi. Apalagi kandungan patinya dan karbohidratnya sangat tinggi. Bahkan di berbagai wilayah di tanah air, ubi singkong juga menjadi makanan pokok para penduduknya. 
Banyak kandungan gizi yang terdapat dalam ubi singkong. Selain kalorinya yang tinggi, ubi tanaman singkong ini juga dikenal mengandung hidrat arang, lemak, protein, fosfor, kalsium, zat besi, vitamin B, dan vitamin C. Selain itu, tidak sedikit pula orang yang menyukai ketela singkong goreng atau rebus karena rasanya yang gurih dan enak.

Kaya Gizi
Begitu juga dengan daun singkong, kandungan gizinya sangat tinggi. Daun singkong dikenal banyak mengandung kalori, protein, fosfor, hidrat arang, dan zat besi. Sedangkan kandungan vitamin dalam daun singkong terdiri dari vitamin A, B1, dan vitamin C. Selain itu daun singkong juga mengandung tannin dan sejumlah fitofarmaka yang sangat baik untuk menjaga daya tahan tubuh maupun mengatasi sejumlah penyakit.
Khasiat daun singkong yang dikenal masyarakat adalah untuk mengatasi dan menyembuhkan penyakit rematik, encok, diare, desentri, demam, sakit kepala, rabun senja, cacingan, dan penyakit beri-beri.
Daun singkong juga dikenal memiliki manfaat sebagai anti oksidan dan anti kanker serta menangkal radikal bebas yang masuk ke dalam tubuh. Selain itu, kemampuan daun singkong dalam merangsang dan meningkatkan nafsu makan tentu saja sangat berguna dalam meningkatkan daya tahan tubuh.

Aneka Menu
Besarnya manfaat daun singkong dan rasanya yang enak menjadikan sayuran jenis ini sebagai makanan yang sering disajikan di rumah. Daun singkong memang sering dijadikan bahan untuk dibuat sayuran, lalapan, ataupun dibuat tumis. Banyak rumah makan maupun restoran, khususnya yang menyajikan masakan Padang, selalu menyiapkan lalapan daun singkong sebagai bagian dari menunya. 
Apalagi tanaman singkong termasuk jenis tanaman yang relatif mudah tumbuh di tanah tropis seperti Indonesia. Hanya dengan menancapkan batangnya saja, tanaman ini sudah akan tumbuh dengan baik. Karena itu tak heran bila tanaman ini juga mudah ditanam di halaman rumah, baik untuk diambil ubinya maupun daunnya.
Tingginya khasiat daun singkong untuk menjaga kesehatan dan menyembuhkan berbagai macam penyakit  tentunya menjadi pertimbangan agar daun tanaman ini selalu menjadi menu harian yang enak, bergizi, namun murah.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar