Kamis, 17 Maret 2011

Manfaat Buah Pinang

Sudahkah Anda mengenal buah pinang? Buah pinang adalah buah yang biasanya tumbuh di pekarangan rumah. Bahkan kadang-kadang buah pinang ini tumbuh liar. Padahal manfaat buah pinang sangatlah banyak.

Manfaat Buah Pinang
Ya, ternyata buah pinang banyak memiliki manfaat. Apa saja manfaat buah pinang?
Untuk mengobati luka
Buah pinang bisa digunakan untuk mengobati luka luar seperti: terkena pisau, jatuh, dan luka luar lainnya. Caranya cukup mudah yaitu dengan menumbuk daging buah pinang sampai halus lalu mengoleskannya pada bagian yang terluka. Buah pinang yang dipilih adalah buah pinang yang masih muda tentunya.
Untuk vitalitas kaum adam
Buah pinang bisa menambah vitalitas kaum adam, yang tentunya akan menambah keharmonisan dalam rumah tangga. Bagaimana caranya? Tak seperti obat atau jamu, karena buah pinang bisa dibuat jus yang sekaligus bermanfaat sebagai obat. Rasanya enak dan manfaatnya pun dapat. Caranya sangat mudah yakni buah pinang yang sudah di jus dicampur dengan telor mentah lalu diminum. Bila diminum secara teratur, maka khasiatnya akan terasa.
Untuk ibu-ibu pasca melahirkan
Bisa dipastikan bahwa pasca melahirkan bentuk badan ibu-ibu akan melebar. Untuk itu, ibu-ibu yang baru saja melahirkan bisa meminum buah pinang. Caranya sangat mudah yaitu cukup dengan merebus buah pinang lalu diambil sari-sarinya dan diminum.
Mengobati rabun di mata
Daripada pergi ke dokter mata yang harganya tidak terjangkau, maka orang tua yang menderita rabun bisa memakan buah pinang untuk mengurangi rabun. Bila dikonsumsi secara teratur maka rabun di mata akan berkurang dengan sendirinya.
Untuk anak yang menderita cacingan
Bila Anda memiliki anak yang menderita cacingan, maka tak perlu khawatir untuk mengobatinya. Anda cukup merebus buah pinang lalu menyaringnya dan diminumkan ke anak Anda. Bila diminum secara teratur maka penyakit cacingan yang diderita anak Anda dijamin akan hilang.
Menambah nafsu makan
Bila Anda memiliki anak yang tidak memiliki nafsu makan, mungkin daun pinang bisa dijadikan solusi alami daripada membeli obat-obatan penambah nafsu makan yang mungkin berisiko. Daun pinang bisa dimanfaatkan untuk menambah nafsu makan. Caranya adalah dengan merebus daun pinang lalu meminum air rebusan tersebut
Manfaat buah pinang lainnya, yaitu:
  1. Mengobati perut kembung
  2. Melancarkan buang air besar
  3. Menyembuhkan penyakit beri-beri
  4. Sebagai obat batuk
Manfaat buah pinang sangat banyak. Buah pinang bisa dijadikan solusi alami berbagai macam penyakit. Walau begitu, sungguh ironi karena masih banyak yang belum sadar akan arti pentingnya keberadaan buah pinang. Kita masih sering menjumpai buah pinang menjadi tanaman liar yang ada di pinggir-pinggir jalan.
Oleh sebab itu mulai dari sekarang masukkan buah pinang sebagai salah satu daftar dalam tanaman obat keluarga dan budidayakan buah pinang.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar